Thursday, September 13, 2007

(Resensi buku)Neoliberalisasi Tidak Akan Berdiri Tanpa Kemiskinan

Dipertahankannya neoliberalisme pada akhirnya berakibat terbunuhnya masyarakat miskin secara perlahan

Judul Buku : Kemiskinan Global (Kegagalan Model Ekonomi Neoliberalisme)
Penulis : Jeremy Seabrook diterjemahkan oleh Darmawan.
Penerbit : Resist Book
Tebal Buku : 166 + VII halaman
Waktu terbit : September 2006

Dibalik kemewahan gedung pencakar langit terdapat perumahan kumuh di kolong jembatan. Setidaknya seperti itulah keadaan yang terjadi di selatan kota Jakarta. Penghuninya adalah para gelandangan pemungut sampah dengan baju rombeng. Mereka selalu mengais untuk mendapatkan beberapa receh uang. Dibelahan dunia yang lain, pemukiman London Utara, terdapat pemukiman-pemukiman kumuh dimana wadah plastik digunakan untuk menampung air yang bocor dari atap. Mereka yang bernaung disana adalah orang-orang yang kehilangan dan tidak berdaya.
Dimanapun kemiskinan selalu terjadi dengan cara yang sama. Diantara orang kaya mereka menjadi tak terlihat. Statistik tentang mereka tenggelam bersama dengan meledaknya kasus-kasus kriminalitas. Keprihatinan atas kasus kemiskinan sebagai akibat model ekonomi neoliberalisme mendorong Jeremy Seabrook untuk menelaah lebih dalam mengenai penguncian orang miskin, ketidakadilan, penanganan kemiskinan, fakta-fakta kemiskinan dan mekanisme pemiskinan.
Di AS dan Inggris, pengurungan di tempat kerja merupakan usaha pemaksaaan agar orang miskin mau menyesuaikan diri dengan nilai-nilai yang diciptakan oleh kelas berpunya. Dari kasus-kasus yang terjadi kemudian munculah yayasan atau institusi-isntitusi sosial. Yayasan sosial diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan kaum termarginal tersebut. Namun pada kenyatannya, dalam struktur perencanaan ekonomi global tak ada rencana perbaikan yang dilakukan.
Dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana kolonialisasi muncul sebagai biang kemiskinan. Dari kolonialisasi tersebut kemudian berkembanglah globalisasi dan sistem ekonomi neoliberalisme. Menurut Seabrook sistem ekonomi neoliberalisme hanya mungkin berdiri diatas penderitaan dan kemiskinan.
Buku yang disajikan dari berbagai fakta kemiskinan ini kiranya dapat memberikan penyikapan atas seluk beluk globalisasi. Selain itu fakta di dalamnya dinilai dapat memberikan kritik bagi para pembuat kebijakan. Namun kritik didalamnya kurang dapat mencerminkan solusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat miskin. Kesalahan struktur kalimat dan keganjilan makna yang diterjemahkan juga masih terdapat didalamnya. (Tiwi)

No comments:

Post a Comment