Sunday, December 20, 2009

Ikon-ikon Lain Kota Bengawan

Ingin cari kuliner khas Solo selain menu kraton nasi liwet, timlo, sate buntel atau sup matahari? Jika ya, sajian berikut, jangan diluput. Dengan racikan sederhana, menu-menu ini mampu menjadi dedengkot kuliner kota Solo.

Tahok yang biasa didagangkan di Pasar Gedhe Solo bisa menjadi menu pembuka sarapan anda. Sajian yang terbuat dari sari kedelai dan jahe ini baik untuk kulit anda. Bayangkan saja, saya kira pedagang Tahok di pasar ini masih berusia 50 tahunan namun ternyata usianya kini sudah 70, keriput di kulitnya hampir tak kentara lantaran ia selalu minum Tahok tiap hari. Minuman yang awalnya hanya populer di kalangan etnis Tionghoa di kota Solo ini juga baik untuk pencernaan anda.

Sebagai menu inti sarapan anda setelah mencicipi Tahok, kesegaran kuah dalam suasana tradisional bisa anda nikmati di Soto Gerabah. Peralatan makan dari gerabah juga menambah kenikmatan soto tersebut. Selain soto gerabah, pecel Solo dengan saus wijen dan nasi merahnya juga tak boleh diluputkan sebagai referensi menu makan siang anda. Pecel yang satu ini ternyata sudah dikenal oleh banyak artis ibukota.

Jika anda sengaja berkunjung di Solo saat akhir pekan, anda bisa pula menggunakan wahana transportasi kereta dalam kota ”Jaladara”. Apalagi jika anda berminat untuk menjelajahi sepanjang jalan Slamet Riyadi dan berbelanja batik di Pusat Grosir Solo, Pasar Klewer atau Kampung Batik Kauman, sepur ini siap mengantar. Tiket kereta lokomotif dari kayu yang hanya beroperasi saat akhir pekan ini dapat anda beli di stasiun-stasiun di kota Solo.

Bagi para penggemar musik akustik, Jazz atau pencinta barang antik, anda bisa menikmati alunan musik langsung atau sekadar melihat lukisan dan barang antik setiap sabtu malam di pasar Windu Jenar Ngarsodipuro. Beberapa bulan yang lalu pasar ini dibangun kembali dengan relokasi pedagang sekitarnya -dengan pendekatan kultural antara pemkot dan pedagang, win win solution dan tanpa konflik-. Pasar yang tampil cantik dan artistik kala malam ini juga mengediakan fasilitas akses internet wi-fi. Tertarik? Sumonggo dateng ngerawuhi...

p.s: makasih buat tante Jenny yang udah mau dibajak rumahnya dan yang selalu ngajak jalan-jalan kemana-mana tiap aku ke Solo, hehehe.... n also for all my sisters n brothers, aku kangen jalan-jalan, guyon meriah dombret, masak-masak dan makan-makan lagi ma kalian ni, hehehe...

No comments:

Post a Comment